KUSYANI BR.TARIGAN, SRININA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK TARI DI TK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK TARI DI TK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (440kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Tarigan, Srinina Kusyani Br. 2019. Meningkatkan Keterampilan Dalam Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Tari Di TK Harapan Bunda Kota Jambi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I, (2) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci : Keterampilan Kecerdasan Kinestetik, Gerak Tari. Penelitian ini berlatar belakang tentang keterampilan dalam kecerdasan kinestetik anak melalui gerak tari di TK Harapan Bunda Kota Jambi yang masih belum berkembang secara optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran anak belum sepenuhnya menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide dan gagasan. Dan anak masih belum mampu mengontrol dan menirukan gerak-gerakan tubuh yang di contohkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan dalam kecerdasan kinestetik anak melalui gerak tari. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi . Keterampilan dalam kecerdasan kinestetik anak yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu menunjukkan kemampuan dan mengontrol koordinasi tubuh, keseimbangan tubuh, kekuatan fisik, kelenturan tubuh dan kecepatan atau pun ketangkasan dalam gerak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), Dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyususnan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif, Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan dalam kecerdasan kinestetik anak melalui gerak tari di TK Harapan Bunda Kota Jambi yaitu : dari Pratindakan 25.25%, Siklus I pertemuan ke-1 25.71%, Siklus I pertemuan ke-2 29.08%, Siklus I pertemuan ke-3 31.63%, Siklus 1 pertemuan ke-4 56.42%, Siklus II pertemuan ke-1 60.56%, Siklus II pertemuan ke-2 64.71%, Siklus II pertemuan ke-3 69.69% , Akhirnya Siklus II pertemuan ke-4 88.08% melebihi kriteria ketuntasan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa meningkatkan keterampilan dalam kecerdasan kinestetik anak melalui gerak tari di TK Harapan Bunda Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti dalam pelaksanaan kegiatan gerak tari harus lebih kreatif dalam mencontohkan gerakan untuk mencapai tingkat untuk meningkatkan keterampilan dalam kecerdasan kinestetik yang lebih maksimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SRININA KUSYANI BR.TARIGAN |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 01:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 01:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8822 |
Actions (login required)
View Item |