Pengaruh Metode Proyek tentang Alam Terhadap Kemampuan Kerja Sama Di Pembelajaran Sentra Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi

AYU DIYANA SARI, SRI Pengaruh Metode Proyek tentang Alam Terhadap Kemampuan Kerja Sama Di Pembelajaran Sentra Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi. JURNAL Pengaruh Metode Proyek tentang Alam Terhadap Kemampuan Kerja Sama Di Pembelajaran Sentra Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Sri Ayu Diyana. 2019. Pengaruh Metode Proyek tentang Alam Terhadap Kemampuan Kerja Sama Di Pembelajaran Sentra Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. K. A. Rahman, M. Pd.I (II) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci: Metode Proyek, Kemampuan Kerja Sama Hasil pengamatan peneliti di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi pada usia 5-6 tahun di kelompok B2 terdapat 10 dari 15 anak yang kemampuan kerja samanya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya kemampuan kerja sama anak ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, dimana ada anak yang belum mampu bekerja sama dengan temannya pada saat melakukan kegiatan. Selain itu, anak juga belum mau berbagi dengan temannya, anak belum mau menunggu giliran/mengantri, anak yang suka memilih-milih teman ketika membuat kelompok, dan ada beberapa anak yang belum memperhatikan saat guru berbicara atau memberi instruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode proyek tentang alam terhadap kemampuan kerja sama di pembelajaran sentra bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi. Melalui kegiatan proyek dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan menalar, kemampuan bekerja sama dengan anak lain dan memperluas wawasan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design, dimana dalam design ini peneliti melakukan pengukuran sebanyak dua kali yakni sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian anak Kelompok B2 TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi yang berjumlah 10 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh penggunaan metode proyek tentang alam terhadap kemampuan kerja sama di pembelajaran sentra bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Z_(tabel )dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Z_(hitung )yang diperoleh 2,803 ternyata Z_(hitung )> Z_(tabel .) Selanjutnya besar pengaruhnya yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 3,57 yang berarti Strong Effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa metode proyek tentang alam berpengaruh kuat terhadap kemampuan kerja sama di pembelajaran sentra bahan alam pada usia 5-6 tahun di TK Diniyah Al Azhar Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI AYU DIYANA SARI
Date Deposited: 30 Jul 2019 09:02
Last Modified: 30 Jul 2019 09:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8824

Actions (login required)

View Item View Item