Novaria, Novaria PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB BUNGO TERATAI KECAMATAN TEBO ILIR. JURNAL PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB BUNGO TERATAI KECAMATAN TEBO ILIR.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
halaman pengesahan.docx Download (2MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Novaria. 2019. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di KB Bungo Teratai Kecamatan Tebo Ilir : Skripsi, PG PAUD FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan (II)Nyimas Muazzomi, S.Ag. M.Pd. I. Kata Kunci, metode benyanyi, motorik halus Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan motorik halus anak masih bisa dikatakan kurang berkembang dan belum terlihat. Anak belum mampu menggunting sesuai dengan pola, menggunakan alat tulis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB bungo teratai kecamatan tebo ilir. Metode bernyanyi yang dimaksud dalam penelitian ini bernyanyi sambil memperagakan gerakan-gerakan yang sederhana sesuai dari isi lagu. Metode bernyanyi salah satu kegiatan yang digemari anak-anak hampir setiap setiap anak menikmati lagu-lagu atau nyanyian yang didengarkan lebih-lebih jika nyanyian tersebut dibawakan anak seusianya dan diikuti dengan gerakan-gerakan sederhana. Perkembangan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dengan tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi Experiment dengan rancangan Nonequevalent control design. Penelitian dilaksanakan di KB bungo teratai kecamatan tebo ilir. Populasi penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 anak, sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen kelas B2 dengan jumlah 15 anak dan kelompok kontrol B1 yang berjumlah 15 anak.. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal dan tes akhir dengan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Langkah pertama dalam pengambilan data adalah dengan melakukan tes awal (pretest) tes ini dilakukan untuk mengetahui skor anak sebelum diberi perlakuan (posttest) berupa metode bernyanyi, setelah dilakuakn tes awal selanjutnya memberi perlakuan kepada berupa metode bernyanyi. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data yaitu didapatkan rata-rata nilai kelas perlakuan sebelum diberikan perlakuan 61,6 dan rata-rata nilai setelah diberikan perlakuan 90,46. signifikansi dari uji-t menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) artinya terdapat perbedaan dalam hal perkembangan motorik halus antara kelas kontrol dengan kelas perlakuan. membuktikan bahwa hipotesis diterima. artinya terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Bungo Teratai Kecamatan Tebo Ilir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Terdapat terdapat pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Bungo Teratai Kecamatan Tebo Ilir.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVARIA |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 01:10 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 01:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8826 |
Actions (login required)
View Item |