Loviansi, Lucia HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. (Unpublished)
Text
Cover.pdf Download (36kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (705kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (30kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
Abstract
Loviansi, Lucia. 2019. Hubungan Iklim Kelas dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Akmal Sutja, M.Pd., Pembimbing (II) Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd. Kata Kunci: Iklim Kelas, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan iklim kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kota Jambi. Populasi penelitian sebanyak 122 orang siswa dan sampel yang dipilih 67 orang siswa berdasarkan perhitungan intrapolasi selanjutnya pembagian sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket dan data sekunder berupa data nilai rata-rata hasil ulangan siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan iklim kelas dengan hasil belajar siswa sebesar 0,595 dengan persentase 59,5% dan nilai signifikansi 0.000 sehingga rhitung > rtabel atau 0,595 > 0,201 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 0,744 dengan persentase 74,4% dan nilai signifikansi 0.000 sehingga rhitung > rtabel atau 0,744 > 0,201 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima; dan (3) Terdapat hubungan iklim kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 0,783 dengan persentase 78,3%. Sehingga dapat disimpulkan iklim kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki korelasi dengan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan supaya guru dapat mengoptimalkan kelas dan memberikan kesadaran akan pentingnya belajar dan memotivasi siswa saat proses pembelajaran berlangsung, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan memberikan pembelajaran yang menarik supaya siswa tidak merasa jenuh dan bosan, sehingga siswa nyaman belajar di kelas dan bersemangat dalam belajar yang akan berimplikasi pada hasil belajar yang maksimal.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LUCIA LOVIANSI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 01:21 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 01:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8830 |
Actions (login required)
View Item |