ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL CERITA RAKYAT SAKUNUNG MASYARAKAT DESA PULAU TENGAH KELILING DANAU KERINCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

NURSAHADA, ELIA ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL CERITA RAKYAT SAKUNUNG MASYARAKAT DESA PULAU TENGAH KELILING DANAU KERINCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. JURNAL ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL CERITA RAKYAT SAKUNUNG MASYARAKAT DESA PULAU TENGAH KELILING DANAU KERINCI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (164kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Nursahada Elia, 2019, Analisisi Nilai-nilai Pendidikan Moral Masyarakat Desa Pulau Tengah Keliling Danau Kerinci sebagai Sumber Belajar Sejarah Lisan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing KATA KUNCI : Sakunung, Sumber Belajar Sejarah Lisan. Adanya Kemajuan Ilmu dan Teknologi mengakibatkan rendahnya perhatian terhadap tradisi lokal. Terutama tradisi lisan Sakunung di Desa Pulau Tengah Keliling Danau Kerinci. Sakunung merupakan sejarah lisan yang disampaikan dari generasi ke generasi, yang di dalamnya terkandung nilai-nilai pendidikan moral yang mesti diterapkan dan menjadi tauladan generasi hari ini di Desa Pulau Tengah Keliling Danau Kerinci . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dimana penelitian ini dilakukan untuk menemukan ”Bagaimana Analisis Nilai-nilai Pendidikan Moral Masyarakat Desa Pulau Tengah Keliling Danau Kerinci Sebagai Sumber Belajar Sejarah” dengan tujuan untuk mengetahui Sakunung masyarakat Pulau Tengah sebagai sumber belajar sejarah. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian Sakunung merupakan cerita rakyat yang disampaikan oleh masyarakat Desa Pulau Tengah Keliling Danau Kerinci yang mengandung nilai-nilai pendidikan moral berupa tanggung jawab dan kewajiban, nilai-nilai tersebut sangat cocok diajarkan kepada peserta didik agar nilai-nilai yang terkandung di dalam Sakunung dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sakunung dapat dijadikan sumber belajar sejarah dalam Kopetensi Dasar (KD) 3.4 siswa dapat memahami hasil-hasil dan nilai-nilai Sakunung yang ada di lingkungan sekitar. Selanjutnya Kopetensi Dasar (KD) 4.4 siswa menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai Sakunung dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai Pendidikan moral cerita rakyat Sakunung dapat dijadikan sumber belajar sejarah lisan.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: ELIA NURSAHADA
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:07
Last Modified: 06 Aug 2019 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item