IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMAN 4 KOTA JAMBI

SINTA, NUR IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMAN 4 KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMAN 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Sinta, Nur. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS SMAN 4 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd (II) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Sejarah Keragaman masyarakat Indonesia menuntut rasa saling toleransi, menghormati, dan menghargai antar perbedaan yang ada. Keragaman yang ada sering berujung pada konflik ataupun kekerasan, contoh ada beberapa permasalahan yang terjadi selama pembelajaran sejarah di kelas yaitu ada siswa saling mengejek saat belajar, mengobrol saat guru mengajar, membaca buku yang bukan mata pelajaran saat itu dan siswa jalan-jalan di dalam kelas saat guru mengajar. Sehingga, dari permasalahan di atas antara siswa kurang menghargai perbedaan antar sesamanya. Untuk itu, pentingnya seorang guru menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMAN 4 Kota Jambi, faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusi dari faktor penghambat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMAN 4 Kota Jambi sudah diterapkan pada tahap perencanaan kegiatan pembelajaran, tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan tahap evaluasi kegiatan pembelajaran sejarah di kelas. 2) Faktor pendukung penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah: kurikulum, materi, sarana dan prasarana, media pembelajaran, metode pembelajaran dan didukung oleh mata pelajaran yang lain. Sementara faktor penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah: keluarga, siswa, teman sebaya dan buku. 3) Solusi faktor pengahambat adalah: guru memanggil orang tua siswa datang ke sekolah, lebih sering membaca buku untuk menambah pengetahuan, bisa merangkul siswa-siswa, memberikan nasehat kepada siswa dan mengarahkan siswa agar dapat mencari buku di perpustakaan. Kesimpulan, dengan diterapkannya nilai-nilai pendidikan multikultural ini siswa dapat lebih menghargai keberagaman yang ada, saling menghormati, menghargai, sikap saling bekerja sama dan mendapatkan kesempatan yang sama dalam mencapai prestasi di sekolah.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR SINTA
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:48
Last Modified: 07 Aug 2019 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8863

Actions (login required)

View Item View Item