PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI

ANDRIANI, RETNA PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-MODUL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (408kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
8. BAB 1_SKRIPSI_RETNA ANDRIANI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
12. BAB V_SKRIPSI_RETNA ANDRIANI.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Andriani, Retna., 2019. Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi”: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fkip Unversitas Jambi, Pembimbing: (1). Dr.Drs.H.Hendra Sofyan, M.Si. (2) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: E-Modul, Kearifan Lokal, Model Pembelajaran Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pemanfaatan penggunaan ICT dalam merancang dan menyampaikan pembelajaran kelompok yang ada di TK Kota Jambi. Dimana dalam pengembangan bahan ajar masih bersifat umum belum mengarah kearifan lokal jambi atau budaya yang ada disekitar anak. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan sebuah modul berupa elektronik modul yang disesuaikan dengan kearifan lokal untuk pembelajaran kelompok di Taman kanak-kanak Kota Jambi. Elektronik Modul (e-Modul) merupakan suatu alat atau sarana belajar yang berisi metode-metode, materi, batasan-batasan yang dimana dapat ditampilkan dengan menggunakan komputer dan android. Kearifan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang disusun oleh satuan pendidikan sesuai dengan keragaman potensi daerah, keunggulan daerah, kebutuhan daerah, dan lingkungan masing-masing serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran kegiatan pembelajaran kegiatan tertentu. Sedangkan Menurut Mutiah (2010:124) menyatakan bahwa model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman merupakan pola pembelajaran dimana anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kegiatan yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian R & D. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang tedapat beberapa tahap-tahap yaitu (Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan) dan Evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini menggunakan softwera aplikasii 3D Page Flip Profesional 1.7.7. Teknik pengumpulan data yang dilakuakn dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan media. Dalam pengembangan ini media divalidasi oleh ahli media dan materi sebanyak 2 tahap. Responden pada penelitian ini adalah guru, mahasiswa, dan dosen. Pada tahap Validasi diperoleh persentasi sebagai berikut. Validasi ahli media diperoleh 93,3% dengan kategori sangat baik dan layak untuk diuji cobakan dengan sedikit revisi, sedangkan validasi materi sebanyak 90% dengan kategori sangat baik layak untuk diuji cobakan dengan sedikit revisi. Hasil dari Produk yang telah direvisi kemudian diuji cobakan kepada Guru TK, Mahasiswa PG PAUD, dan dosen PG PAUD UNJA. Hasil dari pengisian angket guru TK 86%, mahasiswa 83%, dan dosen 81%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahawa media elektronik modul (E-Modul) berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi layak untuk digunakan sebagai panduan dalam mengembangkan bahan ajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RETNA ANDRIANI
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:44
Last Modified: 08 Aug 2019 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item View Item