PEMIKIRAN KH. ABDUL QODIR IBRAHIM DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SEBERANG KOTA JAMBI 1944-1970

Karlina, Nini PEMIKIRAN KH. ABDUL QODIR IBRAHIM DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SEBERANG KOTA JAMBI 1944-1970. JURNAL PEMIKIRAN KH. ABDUL QODIR IBRAHIM DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SEBERANG KOTA JAMBI 1944-1970.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (460kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Karlina, Nini, 2019. Pemikiran KH. Abdul Qodir Ibrahim Dalam Modernisasi Pendidikan Islam di Seberang Kota Jambi 1944-1970: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo M.Hum,M.Pd. (II) Nelly Indrayani S.Hum,.M.Hum Kata Kunci: Pemikiran KH. Abdul Qodir Ibrahim, dan Modernisasi Pendidikan Islam. KH. Abdul Qodir Ibrahim melakukan modernisasi karena pendidikan Islam pada saat itu belum mampu mewujudkan antara pendidikan Islam dan pendidikan umum. Saat itu lembaga pendidikan Islam belum ada mengayomi mata pelajaran umum. Kaum perempuan pada saat itu tidak diperbolehkan belajar di luar rumah. Apabila tidak dilakukan modernisasi maka akan berdampak terhadap pendidikan Islam yang akan datang. Hal tersebutlah membuat KH. Abdul Qodir untuk melakukan modernisasi di Seberang Kota Jambi. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui riwayat hidup KH. Abdul Qodir Ibrahim, pemikiran KH. Abdul Qodir Ibrahim dalam modernisasi pendidikan Islam di Seberang Kota Jambi tahun 1944-1970, untuk mengetahui dampak pemikiran KH. Abdul Qodir Ibrahim di Seberang Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Historis, terdiri dari Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa cara yang dilakukan KH. Abdul Qodir dalam melakukan modernisasi pendidikan Islam di Seberang Kota Jambi, yaitu beliau melahirkan sistem dan metode yang berorientasi pada keseimbangan dunia dan akhirat, memberi kesempatan kepada kaum perempuan untuk belajar di luar rumah, mendirikan pondok pesantren As’ad sebagai Lembaga Pendidikan, karya-karya yang di karang oleh KH. Abdul Qodir Ibrahim yaitu berupa Kitab-kitab, kitab Mughnil Awwam dan Riyadhus Shibyan yang masih digunakan saat ini di Pondok Pesantren As’ad, dan kitab Ilmu Falaq. Upaya yang dilakukan KH. Abdul Qodir Ibrahim dalam modernisasi Pendidikan Islam berdampak terhadap kehidupan masyarakat saat ini, pesantren-pesantren telah memasukan mata pelajaran umum dan kaum perempuan di perbolehkan untuk belajar diluar rumah. Dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang semakin berkembang setelah modernisasi tersebut. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa KH. Abdul Qodir Ibrahim ini merupakan seorang ulama yang memodernisasi pendidikan Islam dengan mendirikan pondok pesantren As’ad di Seberang Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: NINI KARLINA
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:22
Last Modified: 08 Aug 2019 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8866

Actions (login required)

View Item View Item