PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING DAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Widya Wulandari, Ike PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING DAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING DAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (385kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Ike Widya. 2019. Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking dan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., (II) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Ice Breaking, Quantum Teaching, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknik dan strategi pembelajaran yang kurang optimal yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) apakah terdapat pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi?, (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi?, (3) apakah terdapat perbedaan penggunaan teknik ice breaking dan quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes (pretest-posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis Regresi Linear sederhana dan uji chi square yang sebelumnya diuji prasyarat, yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji pengaruh penggunaan ice breaking terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung 4,743 > ttabel 2,045 yang berarti hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik ice breaking berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. (2) Hasil uji pengaruh penggunaan strategi quantum teaching terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung 7,150 > ttabel 2,045 yang berarti hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. (3) Hasil uji perbedaan penggunaan teknik ice breaking dan quantum teaching terhadap hasil belajar siswa, diperoleh nilai Asymp.Sig > 0,05 = 0,205 > 0,05 maka hipotesis ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan teknik pembelajaran Ice Breaking dan Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika teknik ice breaking dan quantum teaching digunakan dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi meningkat.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: IKE WIDYA WULANDARI
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:36
Last Modified: 08 Aug 2019 02:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item