Implementasi lesson study menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerja sama siswa di SMAN 8 Kota Jambi

Anggreany, Vinna (2019) Implementasi lesson study menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerja sama siswa di SMAN 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (567kB)
[img] Text
KOVER-dikonversi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 gambar tabel lampiran.pdf

Download (190kB)

Abstract

Anggreany, V. A., 2019. Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa di SMAN 8 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S. Pd., M. Si. (II) Haerul Pathoni, S. Pd., M. PFis Kata Kunci: Lesson Study, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kerja sama Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat belajar dan kerja sama siswa di kelas XI IPA 8 di SMAN 8 Kota Jambi. Hal ini terjadi pada mata pelajaran fisika. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja sama siswa kelas XI IPA 8 yang berjumlah 36 siswa di SMAN 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 dengan melalui implementasi lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian campuran deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kerja sama, observasi dan catatan lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian lesson study yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan tahapan lesson study. Tahapan-tahapan lesson study ada 3, yaitu: tahap perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See). Hal yang dilakukan pada tahapan perencanaan (Plan) adalah perencanaan pembelajaran. Tahapan pelaksanaan (Do) adalah mempraktekkan perencanaan yang telah dibuat dan diamati oleh observer. Tahap yang terakhir yaitu tahap refleksi (See), yaitu pada tahap ini observer dan peneliti mengevaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kerja siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas. Nilai rata-rata keseluruhan pada siklus I dari semua indikator adalah 2,28. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata keseluruhan dari semua indikator meningkat, yaitu 2,36. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis lesson study dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas XI IPA 8 SMAN 8 Kota Jambi. Oleh karena itu, dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VINNA AYURIA ANGGREANY
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:33
Last Modified: 08 Aug 2019 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item