PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAMBI UNTUK SISWA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI

FUTRA, KELANA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAMBI UNTUK SISWA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAMBI UNTUK SISWA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAMBI PADA KELAS X SMA NEGERI 11 JAMBI Kelana Futra*, Budi Purnomo**, Anny Wahyuni*** Pendidikan Sejarah Universitas Jambi Email: a7x.onk@gmail.com ABSTRAK Media pembelajaran memiliki arti penting dalam dunia pendidikan. Media dapat membantu para siswa memahami materi. Media yang saat ini sedang berkembang dengan pesat adalah media pembelajaran berbasis komputer. Salah satu software yang dapat digunakan untuk mendesain media pembelajaran adalah Adobe Flash Cs 6. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 11 Kota Jambi, diperoleh informasi bahwa penjelasan guru untuk materi Kerajaan Islam di Jambi belum dipahami sepenuhnya. Walaupun 90% siswa mengatakan bahwa mereka menyukai materi tersebut dan 80% mengatakan materi tersebut bukanlah materi yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif untuk materi Kerajaan Islam di Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembanagn pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, ( 4) Uji Coba dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh 2 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 1 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 21 orang siswa kelas X di SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran angket, dokumentasi, dan format penilaian. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari guru ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi sudah dikategorikan baik namun terdapat beberapa revisi pada materi dengan nilai rata-rata 4,13. Sedangkan hasil validasi media sudah dikategorikan baik dan juga tedapat beberapa revisi pada media dengan nilai rata-rata 4,11. Hasil analisis uji coba produk multimedia interaktif pembelajaran sejarah berada pada kategori Baik atau Praktis dengan nilai rata-rata 4,33. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran sejarah dapat dikembangkan pada mata pelajaran Sejarah. Kata Kunci: Multimedia interaktif, Pembelajaran sejarah, Kerajaan islam di Jambi

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: KELANA FUTRA
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:41
Last Modified: 08 Aug 2019 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8880

Actions (login required)

View Item View Item