PENGARUH BERMAIN SIMBOLIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI

MEIYANTI.S, IRMA PENGARUH BERMAIN SIMBOLIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH BERMAIN SIMBOLIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Irma Meiyanti. S 2019 Pengaruh Bermain Simbolik Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di TKAisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi Kata Kunci : Bermain Simbolik, Kreativitas, Anak Usia Dini Anak menyukai kegiatan yang berkaitan dengan bermain, karena melalui bermain anak mendapatkan pengetahuan baru yang dapat membantu mengembangkan kognitif, selain itu anak diberikan kebebasan untuk bereksplorasi dengan baik. Melalui bermain simbolik anak diajak bermain dengan menggunakan benda dan bermain pura-pura, sehingga masalah berhitung anak akan teratasi. Misalkan bermain simbolik terdapat jenis kegiatan bermain yang digunakan yaitu bermain pura-pura, contoh permainan nya yaitu permainan monopoli. Tujuan penulis mengadakan penelitian adalah : Untuk mengetahui pengaruh bermain simbolik terhadap kreativitas anak usia dini di TKAisyiyah Bustanul Athfal Kota Jambi Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan jenis kuantitatif, metode penelitiannya menggunakan penelitian eksperimen. Dalam penelitian eksperimen ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut sedapat mungkin sama (homogen) atau mendekati sama karakteristiknya. Pada kelompok eksperimen diberikan pengaruh atau treatment tertentu, sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberikan, subjek penelitian ini adalah anak usia dini di TKAisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi yang berjumlah 56 orang anak. Ditemukan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan dalam bermain simbolik terhadap kreativitas anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi dalam kegiatan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sig 0.010 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar : hasil pretest anak kelas eksperimen dan kelas kontrol ditemukan mean pretest kelas eksperimen 172.43 dan pretest kelas kontrol 189.04. Selisih nilai mean pretest eksperimen dan mean kontrol sebesar 16.61. Sedangkan pada hasil postest anak kelas eksperimen dan kelas kontrol ditemukan mean postest kelas eksperimen 145.50 dan pretest kelas kontrol 158.64. Selisih nilai mean posttest eksperimen dan mean kontrol sebesar 13.14 Terdapat pengaruh yang signifikan dalam bermain simbolik terhadap kreativitas anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi dalam kegiatan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IRMA MEIYANTI SARAGIH
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:21
Last Modified: 13 Aug 2019 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item