Aulia, Selly Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas X Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas X Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Kota Jambi. (Unpublished)
Text
Cover.pdf Download (39kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (223kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
Aulia, Selly. 2019. Analisis Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas X Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs Firman, M.Si. Pembimbing (II) Robi Hendra, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Tujuan Penelitian ini untuk melihat kedisiplinan siswa di kelas X Tata Niaga 1 dalam proses pembelajaran dan faktor kedisiplinan yang dominan dilanggar siswa di kelas X Tata Niaga 1 dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Niaga 1, guru mata pelajaran, wali kelas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purpose Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi dengan sumber dan triangulasi dengan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terjadi pelanggaran kedisiplinan siswa dikelas X Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Kota Jambi dalam proses pembelajaran yaitu siswa datang tidak tepat waktu/ terlambat, mengaktifkan dan bermain handphone saat belajar, membuat suara gaduh/ ribut dikelas, tidak memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, berpakaian tidak rapi dan tidak sesuai aturan, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dan yang dominan dilanggar siswa adalah bermain handphone saat belajar yaitu pada mata pelajaran pendidikan kewargaanegaraan. (2) Faktor siswa dikelas X Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Kota Jambi bermain handphone dalam proses pembelajaran adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal ditunjukan dengan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan, kurangnya minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan siswa kurang menyukai mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, siswa kadang-kadang masih tidak memperhatikan guru saat mengajar dan tidak konsentrasi, kemudian kurangnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan kurang antusiasnya siswa dalam belajar. Kemudian faktor eksternal ditunjukkan dengan faktor keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua, faktor lingkungan sekolah yang ditunjukkan dengan guru pendidikan kewarganegaraan tidak tegas seperti guru lain, pengaruh teman yang mengajak bermain handphone dan game saat belajar, metode mengajar guru yang kurang beravariatif dan membosankan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SELLY AULIA |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 02:21 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8902 |
Actions (login required)
View Item |