RAHAYU, TUTUT PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENJAWAB PERTANYAAN. JURNAL PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)-FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENJAWAB PERTANYAAN.
Text
COVER.pdf Download (182kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (549kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Tutut. 2019. Pengembangan Prosedur Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)-Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menjawab Pertanyaan. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikam Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I): Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, Pembimbing (ll): Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.kes. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan Siswa Menjawab Pertanyaan. Materi kimia merupakan materi yang bersifat abstrak, sehingga tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan untuk memahaminya. Untuk itu guru perlu membantu siswa agar dapat memahami materi kimia dengan cara mengontekstualkannya. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar mengajar yang mengaitkan materi yang sedang diajarkan kedalam dunia nyata siswa. Namun dengan menerapkan model CTL masih kurang efektif karena terkendala terhadap keterbatasan waktu, untuk itu model pembelajaran flipped classrom dapat membantu permasalahan ini karena gaya belajar kelas terbalik yang dapat membantu meminimalisir permasalahan dari model CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur model pembelajaran CTL-Flipped Classroom menjadi sebuah model pembelajaran baru berupa FCTL (Flipped Contextual Teaching and Learning) untuk mencapai kemampuan siswa menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan data kualitatif. Mengunakan rancangan dari Lee dan Jang. Teknik penggumpulan data dengan deep interview (wawancara mendalam). Pengembangan prosedur model CTL-Flipped Classroom divalidasi oleh satu orang ahli (dosen) yang menilai secara konseptual dan dua orang praktisi (guru) yang merujuk pada praktik dan pengalaman. Kritik, saran dan pendapat validator ahli dan validator praktisi membantu memperbaiki model pembelajaran yang dikembangkan sehingga didapat hasil penelitian berupa naskah akademik yang menjelaskan lebih rinci mengenai konsep pengembangan model pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan prosedur model pembelajaran CTL-Flipped Classroom dinyatakan mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa menjawab pertanyaan dan layak untuk diimplementasikan di kelas oleh guru maupun penelitian selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | TUTUT RAHAYU |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 01:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
View Item |