PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI

Saadiah, Jamiatul and Sofyan, Hendra and Muazzomi, Nyimas PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. Pendidikan Anak Usia Dini. (Unpublished)

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9. daftar isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Model pembelajaran sentra adalah zona atau area bermain yang dilengkapi dengan seperangkat alat main yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak. Kearifan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan dan bahan pelajaran yang disusun oleh satuan pendidikan sesuai dengan keragaman, potensi daerah, karakteristik daerah, keunggulan daerah, kebutuhan daerah, dan lingkungan masing masing serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Modul elektronik dapat diartikan sebagai sebuah buku berbasis elektronik yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan e-modul berbasis kearifan lokal pada pembelajaran sentra di taman kanak-kanak kota jambi. Yang diwujudkan dalam bentuk modul elektronik menggunakan software 3D Pageflip Professional, mengetahui kelayakan e-modul serta mengetahui respon guru mengenai e-modul berbasis kearifan lokal pada pembelajaran sentra di taman kanak-kanak kota jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Setelah e-modul pembelajaran dibuat maka e-modul pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan ahli e-modul pembelajaran hingga e-modul pembelajaran dinyatakan layak. Setelah e-modul pembelajaran divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilakukan ujicoba kepada responden untuk dilihat hasil persepsinya. Media dinyatakan dalam kategori layak untuk diuji cobakan pada tahap implementasi dikarenakan pada validasi materi diperoleh nilai 40, maka ini menunjukan kriteria yang sangat baik. Begitu pula dengan validasi desain media yang memperoleh nilai 44, maka ini menunjukan kriteria yang sangat baik. Dengan demikian hasil dari validasi e-modul telah dikatakan layak. Hasil dari angket persepsi responden yang memperoleh angket dan menggunakan e-modul sebanyak 62 responden terdiri dari dari 3 Orang Dosen PG-PAUD Universitas Jambi, 25 Guru TK Se-Kota Jambi, dan 34 Mahasiswa didapat hasil rata-rata respon adalah 83%

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: JAMIATUL SAADIAH
Date Deposited: 13 Aug 2019 09:20
Last Modified: 13 Aug 2019 09:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item