PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE3D PAGE FLIP MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

ANJANI, RINI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE3D PAGE FLIP MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE3D PAGE FLIP MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Anjani, Rini. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran e-Komik dengan Menggunakan Software 3D Page Flip Materi Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Epinur, M.Si, Pembimbing II Dr. rer. nat. Muhaimin, M.Si. Kata kunci:e-Komik, 3D Page Flip, Peran Kimia dalam Kehidupan Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, minat belajar, dan meningkatkan pemahaman siswa. Sehingga kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran e-komik dengan menggunakan Software 3D Page Flip pada materi peran kimia dalam kehidupan kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran e-komik yang dikembangkan menggunakan Software 3D Page Flip pada materi peran kimia dalam kehidupan kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh validator, selanjutnya diminta tanggapan guru terhadap produk yang dikembangkan dan diujicobakan pada kelompok kecil yakni 10 orang siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran e-komik menggunakan Software 3D Page Flip. Produk tersebut divalidasi oleh validator, hasil validasi media (konstruk dan konten) memperoleh persentase 87,33% dinyatakan sangat baik untuk digunakan. Selanjutnya, untuk tanggapan guru diperoleh persentase 92% dinyatakan sangat baik sehingga media pembelajaran e-komik yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi diperoleh persentase 93,2% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan mulai dari validasi media, tanggapan guru dan respon siswa, secara keseluruhan media e-komik dinyatakan baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: RINI ANJANI
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:35
Last Modified: 15 Aug 2019 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item