Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belsjsr di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Dinika, Arini Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belsjsr di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belsjsr di SMP Negeri 8 Kota Jambi. (Unpublished)

[img] Text
COVER_SKRIPSI[1].pdf

Download (160kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (742kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI[2].pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB_I_FIX[1].pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (154kB)

Abstract

Dinika, Arini. 2019. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs Yusdi Anra, M.Pd,. Pembimbing (II) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I,. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan formula dari Slovin sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket dan data sekunder berupa nilai raport siswa semester ganjil. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai t hitung motivasi belajar yaitu sebesar 2,154, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,995, diperoleh hasil bahwa 2,154 > 1,995, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai thitung minat belajar yaitu sebesar 2,975, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,002, diperoleh hasil bahwa 2,975 > 1,995, maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh motivasi dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi berdasarkan uji F yang dilakukan diperoleh nilai F hitung sebesar 4,424, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,13, karena 4,424 > 3,13 maka Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara motivasi dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi lebih semangat lagi dalam belajar sehingga seluruh siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan melebihi hasil belajar yang sebelumnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARINI DINIKA
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:46
Last Modified: 16 Aug 2019 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item