HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

HANEWARMAN, JUZA HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. JURNAL HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Hanewarman, Juza. 2019. “Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA., M.Si, Pembimbing II Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kondisi ekonomi keluarga, kepercayaan diri, dan hasil belajar Rendahnya hasil belajar siswa merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran disekolah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kondisi sosial ekonomi keluarga dan kepercayaan diri siswa. Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) mengetahui hubungan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi, (2) mengetahui hubungan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi, (3) untuk mengetahui hubungan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriftif dengan mengunakan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 90 orang. Sampel yang dipilih peneliti yang dirasa mewakili dari keseluruhan populasi adalah kelas VIIIa yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik korelasi Product Moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar, dimana rhitung sebesar 0,598 sedangkan rtabel dengan N=32 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,349. Jadi rhitung > rtabel (0,598 > 0,349). (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayan diri siswa dengan hasil belajar, diperoleh rhitung sebesar 0,674 sedangkan rtabel dengan N=32 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,349. Jadi rhitung > rtabel (0,674 > 0,349). (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar, didapatkan rhitung sebesar 0,745 sedangkan rtabel dengan N=32 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,349. Jadi rhitung > rtabel (0,745 > 0,349). Peneliti menyimpulkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayan diri siswa dengan hasil belajar, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi mahasiswa dan peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JUZA HANEWARMAN
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:04
Last Modified: 19 Aug 2019 08:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item