PRATAMA, FIRMANSYAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL MATERI INDONESIA ZAMAN PRAAKSARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL MATERI INDONESIA ZAMAN PRAAKSARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.
Text
cover.docx Download (26kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Firmansyah, Pratama. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Audio Visual Materi Indonesia Zaman Praaksara Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum,M.Pd, (2) Amir Syarifuddin, S.Pd, M.Pd Pengembangan Media Audio Visual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang sanagat cocok digunakan dalam pembelajaran sejarah. berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 11 Kota Jambi terdapat beberapa masalah, yaitu khususnya pembelajaran sejarah disana masih bersifat monoton, guru tidak menggunakan media yang bervariasi. Media yang digunakan berbasis PowerPoint, buku teks dan metode ceramah, sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Adapun tujuan dari pengembangan media pembelajaran sejarah ini adalah: 1.Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Audio Visual di kelas X SMA 11 Kota Jambi. 2. Mengetahui respon siswa kelas X terhadap penerapan media pembelajaran sejarah berbasis Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), model pengembangan ADDIE (analysis, desain, development, implementation, evaluation). Subjek ujicoba dari penelitian ini dilakukan pada Siswa yang akan diujicoba sebanya 5 orang siswa untuk kelompok kecil dan 15 orang siswa kelas X SMAN 11Kota Jambi untuk kelompok besar.. Berdasarkan pengujian lapangan atau uji skala besar media audio visual untuk pembelajaran sejarah berbasis audio visual di Kelas X SMA N 11 Kota Jambi menunjukkan penilaian rata-rata siswa yaitu 88.33% dengan nilai total keseluruhan 1.325 dari 15 responden siswa termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media audio visual telah sesuai dengan prosedur pengembangan ADDIE, dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah sebagai berikut: (1) media audio visual mata pelajaran sejarah ini sangat layak digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa maupun guru sebagai media pembelajaran, (2) Bagi sekolah yang mempunyai kurikulum yang sama, media audio visual ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk dapat meningkatkan motivasi dan mengatasi keterbatasan siswa dalam kegiatan belajar, (3) Media audio visual dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa mata pelajaran sejarah di kelas X dan guru di SMA N 11 Kota Jambi dalam skala terbatas. Untuk skala luas hasil penelitian ini dapat memungkinkan untuk dilanjutkan sampai dengan tahap penggandaan media untuk disebarluaskan. Kata Kunci : Pengembangan, Media, Pembelajaran sejarah, Audio Visual.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FIRMANSYAH PRATAMA |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 08:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 08:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8981 |
Actions (login required)
View Item |