ANALISIS PENGETAHUAN SISWA TENTANG AKSARA INCUNG KERINCI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 KERINCI

Tryska, Ike ANALISIS PENGETAHUAN SISWA TENTANG AKSARA INCUNG KERINCI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 KERINCI. JURNAL ANALISIS PENGETAHUAN SISWA TENTANG AKSARA INCUNG KERINCI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 KERINCI.

[img] Text
COVER.docx

Download (440kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Ike Tryska, 2019, Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Aksara Incung Kerinci Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kerinci. Skripsi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi,Pembimbing: (1)Dr. Drs. Firman M.Si ., (2) Anny Wahyuni S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Aksara Incung Kerinci, Pembelajaran Sejarah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang Aksara Incung Kerinci dalam pembelajaran sejarah, dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam memahami Aksara Incung Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data adalah observasi, waancara dan dokumentasi. Tekhnik uji valditas data dengan menggunakan tekhnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian Aksara Incung Kerinci sudah dipraktikkan ke siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kerinci dengan mengaitkan pada kompetensi dasar (KD) 3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintah, dan budaya pada masa Kerajaan-Kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Dalam pembelajaran sejarah terkait Aksara Incung Kerinci ini kendalanya yaitu sumber tertulis, kemudian tidak adanya buku pendukung tentang Aksara Incung Kerinci ini . Upaya yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 2 Kerinci ini untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberikan pemahaman mengenai Aksara Incung Kerinci ini kemudian memanfaatkan internet. Kesimpulan Aksara Incung Kerinci dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran sejarah , yang bertujuan bagi peserta didik untuk lebih mengenal sejarah yang ada didaerahnya sendiri serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran sejarah.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: IKE TRYSKA
Date Deposited: 26 Aug 2019 23:39
Last Modified: 26 Aug 2019 23:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9046

Actions (login required)

View Item View Item