PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II MATERI HUKUM TERMODINAMIKA

hanny, ummu (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II MATERI HUKUM TERMODINAMIKA. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
1. cover skripsi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Doc1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu pendidik dalam melakasanakan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa kesulitan mahasiswa dalam mempelajari materi hukum termodinamika mata kuliah fisika dasar II tidak terlepas dari bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang digunakan yaitu buku fisika universitas yang merupakan buku terjemahan sehingga bahasanya sulit dipahami, penjabaran rumus yang kurang rinci, dan gambar yang kurang menarik. Sehingga dikembangkan bahan ajar berupa modul elektronik menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker pada materi hukum termodinamika mata kuliah Fisika Dasar II. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul fisika pada materi hukum termodinamika untuk mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model Waterfall yang memiliki lima tahapan pengembangan yaitu analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Pengembangan dilakukan sampai tahap pengujian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi angkatan 2018 kelas reguler B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi tim ahli dan angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan angket validasi ahli dan teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan angket persepsi mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada materi hukum termodinamika yang telah divalidasi dan dinyatakan layak diujicobakan. Hasil analisis persepsi mahasiswa untuk aspek tampilan bahan ajar yaitu rata-rata 17,24 dengan kategori sangat baik, untuk aspek penyajian materi dalam bahan ajar yaitu rata-rata 20,3 dengan kategori sangat baik, dan untuk kebermanfaatan modul yaitu rata-rata 13,8 dengan kategori sangat baik, sehingga untuk keseluruhan aspek pada angket persepsi mahasiswa adalah dengan rata-rata 51,32 yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker pada materi hukum termodinamika layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: UMMU HANNY
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:55
Last Modified: 29 Aug 2019 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item