PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK SMA KELAS XI

Tri Putri, Irna (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER 1 & 2.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (33kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul fisika berbasis berbasis Pendekatan Saintifik menggunakan 3D Pageflipp Professional pada materi Teori Kinetik Gas dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi Teori Kinetik Gas dan keterbatasan bahan ajar multimedia yang dimiliki guru. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini hanya sampai tahap Development dikarenakan tujuan penelitian sudah tercapai pada tahap tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi E-modul yang dihasilkan berfungsi sebagai sumber belajar mandiri siswa dan bahan ajar bantu yang dapat digunakan siswa di kelas dalam proses pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik. Pendekatan saintifik yang digunakan berfokus pada tahap mengamati dan mengumpulkan informasi. E-modul yang dihasilkan berisi lima Kegiatan Pembelajaran yang merupakan sub-bab dari materi Teori Kinetik Gas. E-modul yang dihasilkan berisi indikator, tujuan pembelajaran, kata kunci dan penyajian materi pembelajaran pada setiap kegiatan pembelajaran yang dilengkapi media-media (konsten-konten) gambar, video, simulasi dan soal interaktif. Namun, e-modul yang dihasilkan belum terdapat jawaban esai yang dapat diisi secara interaktif dan simulasi yang masih terbatas, kekurangan ini dapat dikembangkan pada penelitian berikutnya, Hasil penelitian ini adalah e-modul yang dikembangkan melalui proses validasi oleh tim ahli dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan kepada siswa. Dari hasil uji coba data persepsi siswa, diperoleh data mengenai e-modul yang terdiri dari 3 aspek yaitu tampilan e-modul, penyajian materi, dan kebermanfataan e-modul. Hasil analisis persepsi siswa pada aspek tampilan e-modul yaitu 82,4 % (Sangat Baik). Selanjutnya, hasil analisis persepsi siswa pada aspek penyajian materi adalah sebesar 80,8 % (Baik). Hasil analisis persepsi siswa pada aspek kebermanfaatan e-modul adalah sebesar 82,25 % (Sangat Baik). Berdasarkan hasil ini, maka e-modul ini baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: IRNA TRI PUTRI
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:58
Last Modified: 03 Sep 2019 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item