MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN ENGGRANG BATOK KELAPA DI TK NURUL IMAN SUNGAI GELAM

HAMIDA, SITI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN ENGGRANG BATOK KELAPA DI TK NURUL IMAN SUNGAI GELAM. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN ENGGRANG BATOK KELAPA DI TK NURUL IMAN SUNGAI GELAM.

[img] Text
COVER .pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Hamida (RRA1F113004) 2019 .Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Engrang Batok Kelapa Di Tk Nurul Iman Sungai Gelam. Skripsi. Program Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan M.Pd Pembimbing (II) Dr.Drs.H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci : Motorik Kasar , Permainan Enggrang Batok Kelapa Gerakan motorik kasar adalah kemampuan yang membutuhkan koordinasi sebagian besar bagian tubuh anak, motorik kasar melibatkan aktivitas otot, tangan, kaki, dan seluruh tubuh anak gerakan ini sebagian mengendalikan kematangan dalam koordinasi berbagai gerakan motorik kasar yang dicapai anak tentu sangat berguna bagi kehidupannya nanti. Untuk melatih gerakan motorik kasar anak dapat dilakukan, dengan melatih anak berdiri di atas satu kaki. Sedangkan Permainan enggrang batok kelapa adalah permainan tradisional dan sebuah permainan kecil yang mampu mengebangkan perkembagan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan pada untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak melalui permainan enggrang batok kelapa di kelompok B TK Nurul Iman. Penelitian ini berfokus pada anak Kelompok B TK Nurul Iman Sungai gelam yang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di kelompok B TK Nurul Iman yang berjumlah 17 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas mengunakan model kemmis dan taggart penelitian ini di laksanakan dalam tiga siklus, satu siklus di laksanakan sebanyak tiga kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 17 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan motorik kasar anak melalui permainan enggrang batok kelapa di TK Nurul Iman Sungai Gelam yaitu: dari pratindakan 30% Siklus I pertemuan ke-1 31%, siklus I pertemuan ke-2 32%, siklus I pertemuan ke-3 43 %. Pada Siklus II peningkatan motorik kasar anak sudah mulai berkembang yaitu pada Siklus II pertemuan ke-1 54%, siklus II pertemuan ke-2 57 %, siklus II pertemuan ke-3 57%. Pada Siklus III peningkatan kreativitas anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan ke-1 78 %, siklus III pertemuan ke-2 80 %, akhirnya siklus III pertemuan ke-3 melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 80%. Pertemuan ke-3 mencapai 84% .Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik kasar anak melalui permainan enggrang batok kelapa mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 80%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI HAMIDA
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:13
Last Modified: 30 Aug 2019 03:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item