ABSTRAK Dilla Rizki Ramadani, 2019. Analisis Kompetensi Profesional Guru Sejarah SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, jurusan pendidikan sejarah, FKIP, Universitas Jambi, pembimbing : (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd (II) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru Sejarah Peranan guru sangat penting dalam pembangunan pendidikan. Profesional guru dituntut untuk bisa memiliki kompetensi yang baik sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai juga baik. Namun di SMAN 5 Kota Jambi berdasarkan observasi masih banyak tenaga pendidik yang kurang profesional dan tidak masuk dalam standar guru profesional. Ada 7 indikator yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat dikatakan sebagai guru profesional (1) Memiliki Keterampilan Mengajar yang Baik, (2) Memiliki Wawasan yang Luas, (3) Menguasai Kurikulum, (4) Menguasai Media Pembelajaran, (5) Penguasaan Teknologi, (6) Menjadi Teladan yang Baik, (7) Memiliki Kepribadian yang Baik. Pada saat melakukan observasi di SMAN 5 Kota Jambi terdapat beberapa guru tidak masuk dalam indikator profesional guru seperti tidak menguasai kurikulum, tidak menguasai media pembelajaran dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru sejarah di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Uji Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMAN 5 Kota Jambi memiliki kompetensi profesional yaitu memiliki keterampilan mengajar yang baik, wawasan yang luas dan kepribadian yang baik.

RIZKI RAMADANI, DILLA ABSTRAK Dilla Rizki Ramadani, 2019. Analisis Kompetensi Profesional Guru Sejarah SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, jurusan pendidikan sejarah, FKIP, Universitas Jambi, pembimbing : (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd (II) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru Sejarah Peranan guru sangat penting dalam pembangunan pendidikan. Profesional guru dituntut untuk bisa memiliki kompetensi yang baik sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai juga baik. Namun di SMAN 5 Kota Jambi berdasarkan observasi masih banyak tenaga pendidik yang kurang profesional dan tidak masuk dalam standar guru profesional. Ada 7 indikator yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat dikatakan sebagai guru profesional (1) Memiliki Keterampilan Mengajar yang Baik, (2) Memiliki Wawasan yang Luas, (3) Menguasai Kurikulum, (4) Menguasai Media Pembelajaran, (5) Penguasaan Teknologi, (6) Menjadi Teladan yang Baik, (7) Memiliki Kepribadian yang Baik. Pada saat melakukan observasi di SMAN 5 Kota Jambi terdapat beberapa guru tidak masuk dalam indikator profesional guru seperti tidak menguasai kurikulum, tidak menguasai media pembelajaran dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru sejarah di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Uji Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMAN 5 Kota Jambi memiliki kompetensi profesional yaitu memiliki keterampilan mengajar yang baik, wawasan yang luas dan kepribadian yang baik. JURNAL ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEJARAH SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Dilla Rizki Ramadani, 2019. Analisis Kompetensi Profesional Guru Sejarah SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, jurusan pendidikan sejarah, FKIP, Universitas Jambi, pembimbing : (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd (II) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru Sejarah Peranan guru sangat penting dalam pembangunan pendidikan. Profesional guru dituntut untuk bisa memiliki kompetensi yang baik sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai juga baik. Namun di SMAN 5 Kota Jambi berdasarkan observasi masih banyak tenaga pendidik yang kurang profesional dan tidak masuk dalam standar guru profesional. Ada 7 indikator yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat dikatakan sebagai guru profesional (1) Memiliki Keterampilan Mengajar yang Baik, (2) Memiliki Wawasan yang Luas, (3) Menguasai Kurikulum, (4) Menguasai Media Pembelajaran, (5) Penguasaan Teknologi, (6) Menjadi Teladan yang Baik, (7) Memiliki Kepribadian yang Baik. Pada saat melakukan observasi di SMAN 5 Kota Jambi terdapat beberapa guru tidak masuk dalam indikator profesional guru seperti tidak menguasai kurikulum, tidak menguasai media pembelajaran dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru sejarah di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Uji Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMAN 5 Kota Jambi memiliki kompetensi profesional yaitu memiliki keterampilan mengajar yang baik, wawasan yang luas dan kepribadian yang baik.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: DILLA RIZKI RAMADANI
Date Deposited: 02 Sep 2019 06:59
Last Modified: 02 Sep 2019 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9083

Actions (login required)

View Item View Item