agung saputra, tri (2019) pengembangan modul elektronika digital dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan dan gerbang logika. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
2 cover halaman judul.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
lembar persetuan,pengesahan dan pernyataan.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
9 daftar isi.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
bismillah bab 1.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
bismillah bab 5.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul elektronika digital dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan dan gerbang logika dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan desain penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi content, validasi media dan angket persepsi mahasiswa. Jenis data dan teknik analisisn dalam penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Produk yang dihasilkan adalah sebuah modul pembelajaran dengan spesifikasi menggunakan kertas A4 ukuran custom size 14,8 x 21 cm, menggunakan jenis huruf Andalus, Castellar dan Traditional Arabic. Modul terdiri dari lima bab: bab 1 pendahuluan, bab 2 kegiatan belajar 1, bab 3 kegiatan belajar 2, bab 4 kegiatan belajar 3 dan bab 5 penutup. Modul dilengkapi dengan gambar, petunjuk penggunaan dan penuntun praktikum serta dilengkapi dengan contoh soal dengan cara penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan: indikator tampilan modul dengan rata-rata sebesar 69,9 yang termasuk kategori amat baik, indikator penyajian materi dalam modul dengan rata-rata sebesar 66,9 yang termasuk kategori amat baik, dan indikator kebermanfaatan modul dengan rata-rata sebesar 68,1 yang termasuk kategori amat baik. Modul elektronika digital dengan pendekatan kontekstual ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah Elektronika Digital. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peneliti selanjutnya melakukan tahap implemetasi dalam pengembangannya, sehingga modul yang dikembangkan dapat mengetahui bagaimana hasil belajar menggunakan modul yang telah dikembangkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | TRI AGUNG SAPUTRA |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 04:15 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |