STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII MTS LABORATORIUM KOTA JAMBI

ANJELINA, VIVI (2019) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII MTS LABORATORIUM KOTA JAMBI. JURNAL STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII MTS LABORATORIUM KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (156kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK ViviAnjelina. 2019. “Studi Komparasi Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Hj. May Maemunnah, M.E (II) Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Course Review Horay, Make a Match, Hasil Belajar Ketika proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditandai saat belajar berlangsung siswa sibuk dengan urusan sendiri diluar konteks pembelajaran saat pembelajaran sedang berlangsung, mengganggu teman, siswa hanya mendengar dan mencatat dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Ips siswa kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi Tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar 25 valid dan 5 soal tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Berdasarkan perhitungan diperoleh Thitung = 2,46. Kriteria pengujian adalah dengan dk = N1 + N2 – 2 maka diketahui dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan dapat dilihat pada table distribusi t dk = 60 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,000. Dengan demikian nilai Thitung>Ttabel (2,46>2,0117) berarti H1 ditolak dan H0 diterima. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka, sebaiknya dalam melakukan pengajaran dapat menggunakan salah satu model pembelajaran Course Review Horay khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, model pembelajaran Course Review Horay lebih tinggi hasil belajar nya dibandingkan dengan model pembelajaran Make a Match.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VIVI ANJELINA
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:38
Last Modified: 06 Sep 2019 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9095

Actions (login required)

View Item View Item