SILAEN, MENTAWATI (2019) KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 10 KOTA JAMBI. KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 10 KOTA JAMBI. (Unpublished)
![]() |
Text
(1) COVER SKRIPSI PDF.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan PDF.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB I PDF.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB V PDF.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
(7) DAFTAR RUJUKAN PDF.pdf Download (199kB) |
Abstract
ABSTRAK Mentawati Silaen. 2019. Korelasi Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 10 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Ir. Denny Denmar, M.P., Pembimbing (II) Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 10 Kota Jambi yang berjumlah 262 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang sifatnya tertutup dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,302 dengan nilai signifikansi 0,010 sehingga rhitung ≥ rtabel atau 0,302 ≥ 0,228 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,599 dengan nilai signifikansi 0.000 sehingga rhitung ≥ rtabel atau 0,599 ≥ 0,228 maka dapat dikatakan signifikan. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat hubungan antara keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,614, sehingga dapat disimpulkan keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru meningkatkan keterampilan-keterampilan dalam mengajar supaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran dan siswa mampu memahami apa yang dipelajarinya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MENTAWATI SILAEN |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 07:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |