ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP

ELVINA, REZA (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP. JURNAL ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP Oleh: Reza Elvina1), Wardi Syafmen 2), Dewi Iriani3) 1) Alumni Mahasiswa Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) dan 3) Dosen Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi email: Rezaelvina@gmail.com, ABSTRAK Elvina, Reza. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tasnonomi SOLO di Kelas VII SMP : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Wardi Syafmen,M.Si., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Fokus penelitian ini adalah analisis dengan kriteria jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto pada Geometri sub materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII.A SMP Negeri 30 Muaro Jambi, dimana pemilihan subjek berdasarkan banyaknya ketidak sesuaian antara level respon jawaban yang diberikan oleh siswa berdasarkan taksonomi SOLO, yaitu dipilih subjek yang paling banyak memberikan level respon jawaban tidak sesuai dengan level soal. sujek yang tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan level Taksonomi SOLO. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua jenis kesalahan menurut Subanji dan Mulyoto dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan penggunaan data, kesalahan interpretasi bahaa, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan. Kecenderungan kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan konsep dan kesalahan teknis dimana hampir semua subjek melakukan kesalahan ini. Kata Kunci: Kesalahan Menyelesaikan Soal, taksonomi SOLO, Geometri

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: REZA ELVINA
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:03
Last Modified: 09 Sep 2019 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item