PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ISPRING SUITE SISWA KELAS XI SMA 6 KOTA JAMBI

Fajar Safitri, Hana (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ISPRING SUITE SISWA KELAS XI SMA 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ISPRING SUITE SISWA KELAS XI SMA 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (27kB)
[img] Text
BAB 5.doc

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Fajar, Hana. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis ISpring Suite Siswa Kelas XI SMA 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo,M.Hum.,M.Pd(II) Amir Syarifuddin, S.Pd.,M.Pd Kata kunci:Media Pembelajaran Sejarah , ISpring Suite Siswa Kelas XI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran sejarah berbasis ispring suite siswa kelas XI SMAN 6 kota jambi, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berupa media Pembelajaran Sejarah Berbasis ISpring Suite yang telah dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (analisis kebutuhan, materi, dan karakteristik siswa), Desain, Development (Pengembangan), Implementasi media pembelajaran sejarah, dan Evaluasi (revisi produk berdasarkan penilaian tim ahli dan uji responden di lapangan). Data diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan penghitungan angket data dilakukan secara kualitatif untuk validasi ahli dan kuantitatif untuk uji responden siswa SMAN 6 kota jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi pembelajaran memperoleh skor sebanyak 51 dan persentasenya adalah 91,07%, dengan kategori 76-100% adalah sangat baik dan layak ujicoba. Hasil validasi dari ahli media pembelajaran memperoleh skor sebanyak 43 dengan persentasenya adalah 97,72%. dengan kategori 76-100% adalah sangat baik dan layak ujicoba. Sementara itu untuk respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu dilakukan pada ujicoba kelompok kecil, besar dan uji lapangan maka didapatlah hasil penilaian ujicoba yaitu pada kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh kategori yang sangat baik yaitu 89,23% untuk persentase kelompok kecil, dan 79,23% untuk kelompok besar. Lalu dilakukan uji lapangan untuk melihat keefektifan media pembelajaran, dari hasil uji lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak 66,25%, Jadi secara keseluruhan media pembelajaran sejarah berbasis ispring suite yang dikembangkan mampu menambah variasi media pembelajaran dan mampu menarik minat serta motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar media pembelajaran ini dapat menjadi masukan bagi guru dalam menambah variasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dan sebagai pemacu motivasi belajar secara mandiri serta menarik minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: HANA FAJAR SAFITRI
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:55
Last Modified: 11 Sep 2019 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9134

Actions (login required)

View Item View Item