STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 6 KOTA JAMBI

SADEWO, GERALD (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 6 KOTA JAMBI. JURNAL STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (457kB) | Preview
[img] Text
Daftar ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Sadewo, Gerald. 2019. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Hj.Farida Kohar, MP (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Tipe STAD, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa. Dikarenakan beberapa faktor, salah satunya karena guru masih menerapkan model pembelajaran berbasis saintifik yaitu model pembelajaran kooperatif, sebagai model pembelajaran yang diterapkan untuk beberapa kompetensi dasar pada mata pelajaran ekonomi, namun hasil belajar peserta didik belum maksimal. Peserta didik tampak kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Kota Jambi Mata pelajaran ekonnomi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain yang dipakai dalam peneitian ini adalah Pre-Test and Post-Test with Noneequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Kota Jambi yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI-IPS-1 dan XI-IPS-2 yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa kelompok siswa eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe jigsaw memperoleh nilai rata- rata pre-test hasil belajar siswa kelas adalah sebesar 67.04 dan rata-rata hasil post- test adalah sebesar 91.40, sedangkan siswa eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai rata- rata pre-test hasil belajar siswa kelas adalah sebesar 65.06 dan rata-rata hasil post- test adalah sebesar 87.29. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (2,296 lebih besar daripada 1,997) sehingga maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Kota Jambi Mata pelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Saran dalam penelitian ini guru ekonomi sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang lebih beragam seperti menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan Stad agar siswa bias lebih semangat dalam belajar sehingga akan mempengaruhi hasil belajarnya. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna untuk peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: GERALD SADEWO
Date Deposited: 11 Sep 2019 09:28
Last Modified: 11 Sep 2019 09:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9135

Actions (login required)

View Item View Item