PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK SMA

WAHYU PRATIWI, SRI (2019) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK SMA. JURNAL PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (166kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Sri Wahyu. 2019. Pengembangan e-Modul Berbasis Masalah Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. Rusdi, M.Sc (II) Dr. Haryanto, M.Kes Kata kunci : e-Modul, 3D Pageflip Professional, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran sangat membantu dunia pendidikan. Ada beberapa hasil dari pengembangan teknologi saat ini yang dimanfaatkan dalam pembelajaran salah satunya bahan ajar dalam bentuk multimedia. Bahan ajar yang dimaksud adalah modul pembelajaran dalam bentuk elektronik. Pengembangan e-modul ini dipilih dengan alasan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri, praktis, serta efisien. Salah satu program yang digunakan untuk merancang dan mengemabangkan modul pembelajaran dalam bentuk elektonik adalah 3D pageflip professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui cara mengembangkan e-modul menggunakan program 3D pageflip professional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dan mengetahui respon siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi terhadap e-modul pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi desain pengembangan ADDIE. Produk pengembangan divalidasi oleh tim ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. Produk pengembangan yang telah valid diujicobakan kepada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi dan dimintai penilaian guru mata pelajaran kimia SMA Negeri 1 Kota Jambi. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis Miles & Hubarman dan data kuantitatif dianalisis menjadi data interval menggunakan skala Likert. Hasil ujicoba produk dilapangan terhadap 15 orang siswa diperoleh persentase sebesar 89.24% (sangan baik) dan respon guru terhadap e-modul sebesar 88.57% (sangat baik) Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul berbasis masalah menggunakan aplikasi 3D pageflip professional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan baik untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon positif dari siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: SRI WAHYU PRATIWI
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:37
Last Modified: 23 Sep 2019 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item