PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI

SARA, YULI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Yuli Sara. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Poster Session Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr Dra. Hj. Muazza, M.Si, Pembimbing II Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Model Pembelajaran Poster Session, Hasil Belajar Siswa Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Muaro Jambi diperoleh informasi bahwa siswa-siswi kurang antusias dengan mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan nilai mata pelajaran siswa belum maksimal terlihat yang mencapai diatas dari nilai KKM sebesar 70 dengan persentase ketuntasan hanya 56%. Maka dari itu peneliti tertarik ingin memberikan model pembelajaran poster sesien dan poster coment, dengan tujuan model pembelajaran mana yang dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran poster session terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi . Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, Dalam penelitian ini akan di gunakan Quasi Experimental Design. Sehubungan dengan penelitian ini, akan diungkap mengenai untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran poster session terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, Fhitung < Ftabel, yaitu 0,88 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas control memiliki variansi yang homogen. Perhitungan lengkap uji homogenitas variansi dapat dilihat pada lampiran. Nilai F yang diperoleh ersebut signifikan karena harga signifikansinya yang diperoleh kurang dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran poster session terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran poster session terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: YULI SARA
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:39
Last Modified: 23 Sep 2019 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item