ELDIANA HARAHAP, FANNY (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Fanny Eldiana Harahap. 2019. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi, Pembimbing II Dr. Rosmiati, M. Pd Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kebiasaan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakan di SMA PGRI 2 Jambi terhadap kondisi siswa dalam menghadapi pelajaran, dari hasil observasi tersebut menemukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di ulangan semester dan ujian semester ganjil sebagian siswa mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM yaitu 70. Kecerdasan atau Intelegensi adalah kemampuan belajar siswa disertai kecakapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapinya masih kurang. Kemampuan untuk belajar dan kemampuan yang nyata sesudah belajar atau berlatih masih kurang. Minat serta kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar belum tampak pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi siswa Ekonomi kelas XI IPS SMA PGRI 2 Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu lingkungan keluarga 〖(X〗_1) dan kebiasaan belajar 〖(X〗_2). Variabel terikat (dependen variabel). Prestasi Belajar (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di SMA PGRI 2 Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji hipotesis X1 terhadap Y variabel lingkungan keluarga (X1) memiliki thitung sebesar 3.017. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n – 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 100 – 2 = 98, sehingga ttabel = 1,6604. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3.017 > 1,6604, uji hipotesis X2 terhadap Y variabel kebiasaan belajar (X2) memiliki thitung sebesar 4.190. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n – 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 100 – 2 = 98, sehingga ttabel = 1,6604. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 4.190 > 1,6604, variabel X1 dan X2 terhadap Y terlihat bahwa nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel = 13.581 > 13.15 dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000 Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi siswa Ekonomi kelas XI IPS SMA PGRI 2 Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FANNY ELDIANA HRP |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 02:39 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |