PENGARUH METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI

SAPITRI, YUNITA (2019) PENGARUH METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (416kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Yunita Sapitri. 2019. “Pengaruh metode cerita bergambar terhadap daya ingat anak usia dini di TK Pertiwi IX Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Pembimbing 2 Jelpa Periantalo, S.Psi,. M.Psi.,Psi Kata Kunci: Metode cerita bergambar, daya ingat anak usia dini Berdasarkan pengamatan peneliti tanggal 8 September 2018 ada beberapa anak yang daya ingatnya harus ditingkatkan, terdapat 20 anak dari 45 anak yang dikatakan daya ingat anak belum maksimal, masih banyak anak yang susah mengulang penjelasan guru, belum bisa menerima kesan-kesan pelajaran yang diberikan. Anak masih senang bermain saat guru menjelaskan pelajaran. Dari uraian permasalahan diatas, maka penulis mencoba untuk mengatasi permasalahan yang ada di TK IX Pertiwi Kota Jambi khususnya daya ingat anak dengan cara menggunakan metode bercerita bergambar, dengan adanya bercerita anak tentunya mendegarkan dan dapat melihat langsung gambar dari cerita tersebut sehingga anak dapat mengingat langsung cerita yang di sampaikan sesuai dengan buku cerita dengan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode cerita bergambar terhadap daya ingat anak usia dini di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Metode bercerita adalah metode komunikasi universal, untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau sebuah dongeng belaka menggunakan buku bergambar. Daya ingat anak adalah ingatan (memory) merupakan kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan, dan mereproduksikan pesan-pesan. Dengan adanya kemampuan untuk mengingat pada manusia, berarti ada suatu indikasi bahwa manusia mampu untuk menyimpan dan menimbulkan kembali sesuatu yang pernah dialami. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperolehnilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0,1056 yang < dari L tabel 0,2287. Untuk data post test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0.1416 yang < L tabel 0,2287. Untuk data pree test kelompok control di dapat L hitung 0.1701 yang < L tabel 0,2287 sedangkan untuk data post test kelompok control didapat L hitung sebesar 0,1422 yang< L tabel 0,2287. bahwa thitung > ttabel yaitu 2.6966 > 1,6628 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 28 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,7011 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan metode cerita bergambar terhadap daya ingat anak usia dini di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode cerita bergambar terhadap daya ingat anak usia dini di TK Pertiwi IX Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUNITA SAPITRI
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:42
Last Modified: 23 Sep 2019 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item