PENGARUH PEMBELAJARAN JURNALISME SASTRA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI

Rahayu, Lulus (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN JURNALISME SASTRA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER DLL -dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB)

Abstract

Kata kunci : pembelajaran, jurnalisme sastra, teks narasi Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran jurnalisme sastra terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi berdasarkan kelengkapan aturan-aturan jurnalisme, kelengkapan struktur teks narasi, dan kaidah kebahasaan teks narasi.. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Kota Jambi pada Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan VII I sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes unjuk kerja. Kemampuan menulis teks narasi siswa kelas eksperimen (kelas VII J) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol (kelas VII I). Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor kemampuan menulis teks narasi, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 66,2 dengan standar deviasi 13,27. Berbeda dengan kemampuan menulis teks narasi kelas kontrol yang memproleh rata-rata sebesar 54,28 dengan standar deviasi 15,68. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh signifikansi atau sig sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran jurnalisme sastra dengan pembelajaran konvensional dalam penulisan teks narasi siswa SMP Negeri 6 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian maka saran peneliti adalah siswa perlu dilatih secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menulis teks narasi dengan diterapkannya pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran jurnalisme sastra.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: LULUS RAHAYU
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:15
Last Modified: 19 Sep 2019 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9198

Actions (login required)

View Item View Item