Nursyahrobby, Munawir and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Bakar, Abu Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Larutan Non-Elektrolit dan Elektrolit Kelas X SMAN 2 Batanghari. Analisis.
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketertarikan siswa akan materi kimia yang diajarkan dan kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton sehingga dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar pun rendah. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Discovery Learning dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran larutan non-elektrolit dan elektrolit kelas X SMAN 2 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Discovery Learning baik dari guru maupun siswa dan tes soal esai siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2). Keterlaksanaan model Discovery Learning oleh guru mengalami perbaikan disetiap pertemuan, keterlaksanaan model Discovery Learning oleh siswa sebesar 70,56% dengan kategori baik dan hasil belajar siswa sebesar 70,13% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model Discovery Learning dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,5396. Analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 29,12% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning berjalan dengan baik pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 SMAN 2 Batanghari.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUNAWIR NURSYAHROBBY |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 01:42 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 04:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9217 |
Actions (login required)
View Item |