Diagnosis miskonsepsi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Jambi pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test

Sari, Arya dilla (2019) Diagnosis miskonsepsi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Jambi pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada materi suhu dan kalor. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik konsep suhu dan kalor yang abstrak. Penguasaan konsep yang abstrak memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan konsep yang konkrit.Untuk mengatasi kesulitan belajarnya, siswa membuat penafsiran sendiri terhadap konsep yang dipelajarinya.Tetapi adakalanya konsep tersebut tidak sesuai dengan konsep sebenarnya atau disebut juga dengan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Jambi tahun ajaran 2018-2019 pada materi suhu dan kalor. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mix-methode) yang menggunakan data kuantitatif sebagai data utama dan data kualitatif sebagai data penunjang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Kota Jambi pada tahun ajaran 2018- 2019 yang berjumlah 212 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan instrumen test berformat four-tier diagnostic test kepada siswa dan dilanjutkan wawancara dengan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi masih terjadi pada materi suhu dan kalor.Rata- rata skor miskonsepsi yaitu sebesar 27%. Persentase miskonsepsi tertinggi mencapai 73% pada sub konsep kesetimbangan termal dan perpindahan kalor. Pada sub konsep perubahan wujud persentase miskonsepsi siswa mencapai 40%, Selanjutnya, pada sub konsep hubungan antara suhu dengan ukuran suatu benda, siswa mengalami miskonsepsi sebesar 21%. Persentase miskonsepsi terendah pada penelitian ini terdapat pada sub konsep hubungan suhu dengan kalor jenis yaitu sebesar 2%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ARYA DILLA SARI
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:56
Last Modified: 24 Sep 2019 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item