NITA WULANDARI, RIANTI (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari, Rianti Nita. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd , Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata Kunci : Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kritis, Kelarautan dan Hasil Kali Kelarutan. Kurikulum yang saat ini digunakan adalah kurikulum 2013 revisi 2017 dimana, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksikan pemikirannya sendiri berdasarkan pola pembelajaran bermakna Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat diterapkan pada materi Kelarautan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Numbered Heads Together (NHT) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory ( model urutan penemuan). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Numbered Heads Together baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi. Keterlakasanaan model Numbered Heads Together (NHT) oleh guru berjalan dengan baik dan keterlaksaan oleh yang ditunjukkan dengan hasil presentasi keterlaksanaan oleh siswa sebesar 70,83 % dikategorikan baik, dan persentase keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 70.16 % dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model Numbered Heads Together (NHT) dengan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh rxy= 0,52 dengan tingkat hubungan sedang dan nilai determinasi 27.04% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | RIANTI NITA WULANDARI |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 01:47 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9286 |
Actions (login required)
View Item |