PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI

HERMAYANI, DERIA (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Deria Hermayani 2019. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Dukungan Sosial Terhadap Minat Berwirausahaa Siswa Kelas 1X Di SMK Negeri 3 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi, Pembimbing II Dr. Rosmiati, M. Pd Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Dukungan Sosial, Minat Berwirausahaa Siswa Upaya menumbuhkan minat berwirausaha siswa SMK terdapat beberapa kendala. Kendala yang dihadapi sehubungan dengan usaha mengembangkan minat berwirausaha siswa SMK karna masih banyaknya siswa SMK yang mempunyai anggapan bahwa untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik hanya ditentukan oleh kesempatan mendapatkan pendidikan yang tinggi dan masih banyak yang menggantungkan masa depan mereka pada gelar-gelar kependidikan dan ijazah-ijazah sekolah tanpa membekali mereka dengan sikap mandiri yang sangat dibutukan untuk terjun kedunia wirausaha. bahkan siswa belum terlalu mempedulikan dunia usaha masih ketergantungan dengan mencari kerja bukan untuk menciptakan tempat pekerja, lebih memilih untuk bekerja ditempat orang lain dibandingan untuk menciptakan lapangan pekerjaan atau memperkerjakan orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa SMK N 3 Kota Jambi Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu pendidikan kewirausahaan 〖(X〗_1), dan dukungan sosial〖 (X〗_1), (Variabel terikat (dependen variabel). Minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1I Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari thitung, variabel pendidikan kewirausahaan (X1) memiliki thitung sebesar 3.420. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n – 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 55 – 2 = 53, sehingga ttabel = 1,6741. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3.420 > 1,6741. Dilihat dari thitung, variabel dukungan sosial (X2) memiliki thitung sebesar 2.177. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n – 2 dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 55 – 2 = 53, sehingga ttabel = 1,6741. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2.177 > 1,6741. terlihat bahwa nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel = 5.738 > 3.23 dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,006. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel Pendidikan kewirausahaan (X1) dan dukungan sosial (X2) jika diuji secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Dapat disimpulkan terdapat terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa SMK N 3 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: Deria Hermayani
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:31
Last Modified: 02 Oct 2019 01:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item View Item