SUCI RAMADHANI, FEBBY (2019) PENGARUH TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SISWA KELAS X DI SMA N 5 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SISWA KELAS X DI SMA N 5 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Ramadhani, Febby Suci. 2019. Pengaruh Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Karakter Sehari-hari Terhadap Mutu Pendidikan Siswa Kelas X Di SMAN 5 Kota Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA, M.Si (II) Dr. Rosmiati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Teknologi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Mutu Pendidikan Mutu pendidikan di SMAN 5 Kota jambi saat ini belum signifikan karena Teknologi Pendidikan yang kurang dimanfaatkan dalam dunia pendidikan belum maksimal yang menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru saat ini belum memadai dan pendidikan karakter di sekolah sangat di perlukan dan dilaksanakan, karena dengan pendidikan karakter di sekolah akan membentuk karakter baru siswa sesuai dengan karakter yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh teknologi pendidikan terhadap mutu pendidikan siswa kelas X di SMAN 5 Kota Jambi (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter sehari-hari terhadap mutu pendidikan siswa kelas X di SMAN 5 Kota Jambi (3) Untuk mengetahui pengaruh teknologi pendidikan dan pendidikan karakter sehari-hari terhadap mutu pendidikan kelas X di SMAN 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x ips di SMAN 5 Kota Jambi. Populasi penelitian ini berjumlah 230 dan sampelnya berjumlah 146 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 27 item untuk teknologi pendidikan, 27 item untuk pendidikan karakter dan 26 item untuk mutu pendidikan. Penelitan ini dilakukan dari bulan Juni sampai Agustus 2019. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas X di SMAN 5 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi koefisien determinasi terlihat bahwa R2 sebesar 0,602. Hal ini berarti bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 60,2% dan sisa nya 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, nilai signifikansi nya 0,000 > 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa teknologi pendidikan (X1) dan pendidikan karakter (X2) secara bersama sama berpengaruh terhadap mutu pendidikan (Y). berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terbentuk 2 variabel yaitu terdapat pengaruh teknologi pendidikan dan pendidikan karakter sehari-hari terhadap mutu pendidikan siswa kelas x di SMAN5 kota jambi. Persamaan regresi diperoleh dengan perhitungan yaitu Y= 11,158 + 0,475 X1 + 0,366 X2. Makna nya menunjukkan bahwa jika teknologi pendidikan dan pendidikan karakter sehari-hari tinggi, maka akan mengakibatkan mutu pendidikan juga akan semakin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan pihak sekolah hendaknya menyediakan fasilitas sarana dan prasarana dalam pemanfaatan teknologi pendidikan. Selain itu juga perlu adanya pemberian pendidikan karakter kepada para siswa secara lebih intensif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Febby Suci Ramadhani |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 01:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 01:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |