ANALISIS PEMANFAATAN BUKU EKONOMI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI

Steffi, Marioce (2019) ANALISIS PEMANFAATAN BUKU EKONOMI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover oce-converted.pdf

Download (15kB)
[img] Text
daftar isi oce.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (46kB)
[img] Text
penutup oce-converted.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dikarenakan peneliti melihat pada saat Perkenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan memilih untuk meneliti bahwa ketersediaan buku ekonomi perpustakaan sekolah terkadang tidak dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa, sehingga tidak jarang melihat keadaan perpustakaan yang sepi dan buku yang tidak dipakai. Beberapa contohnya yaitu siswa datang ke perpustakaan hanya sekedar mencari buku yang di minta guru, siswa cenderung lebih memilih internet sebagai sumber mendapatkan jawaban atau mendapatkan beberapa materi. Menyadari pentingnya memanfaatkan sarana dan prasarana seperti perpustakaan, dan memanfaatkan buku yang tersedia khususnya buku ekonomi sebagai sumber belajar pada mata pelajaran ekonomi, maka di perlukan pengelolaan yang baik oleh pihak sekolah, seperti standar ketersediaan buku, standar sarana perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kulaitatif. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni analisis kualitatif secara deskriptif untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan buku ekonomi di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan buku ekonomi di SMA Xaverius 2 Kota Jambi khususnya siswa XI IIS di temui fakta bahwa siswa/i masih jarang menggunakan buku ekonomi di perpustakaan sekolah dan jarang di gunakan sebagai sumber belajar kecuali buku paket ekonomi pada mata pelajaran ekonomi dalam proses belajar dan mengajar sebagai sumber belajar siswa untuk menyelesaikan tugas ekonomi yang diberikan guru, serta siswa kurang berminat untuk datang ke perpustakaan, meskipun suasana dan ketersediaan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan sudah mengguakan sistem online. Kesimpulan tentang analisis pemanfaatan buku ekonmi di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran eknomi di SMA Xaverius 2 Kota Jambi, yaitu penggunaan buku ekonomi yang tersedia di perpustakaan sekolah di SMA Xaverius 2 Kota Jambi masih belum efektif. Secara standar perpustakaan dapat dikatakan efektif apabila memiliki beberapa indikator yakni aktifitas siswa IPS, Guru Ekonomi dan pustakawan mengalami peningkatan sesuai dengan persentase kunjungan di perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan yang sudah baik dan memadai sehingga pengunjung merasa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MARIOCE STEFFI HEATUBUN
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item