FIRMANSYAH, ILHAM STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI “Kelas XI MA An’Nur Tangkit Jambi”. JURNAL STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI.
![]() |
Text
Cover.docx Download (26kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (460kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Firmansyah, Ilham, 2019. Studi Komparatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI MA An’Nur Tangkit Jambi. Prodi Pendidikan Ekonmi, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. H. Suratno, M.PD, Pembimbing II Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Hasil Belajar Model pembelajaran yang digunakan di kelas tidak bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk belajar dan berimplikasi pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar itu sendiri. Pemilihan model pembelajaran yang tidak bervariasi merupakan suatu masalah yang perlu dicari alternatifnya penyelesaiannya, dan lebih dari itu secara langsung dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran kooperatfi tipe TPS pada siswa kelas XI MA An’Nur Tangkit Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah nonequiivalent control grub design. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas XI semester ganjil di MA An’Nur Tangkit tahun ajaran 2018/2019, kemudian menggunakan Teknik Nonprobability Sampling dengan pola Purposife. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI B sebagai kelas Eksperimen II, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata belajar ekonomi siswa kelas XI A yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe STAD adalah 76,5 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata belajar siswa kelas XI B pada mata pelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 66,62. Hasil uji t-test diperoleh hasil kooefisien thitung > ttabel atau (4,27 > 2,30). Dengan demikian dapat diartikan terdapat perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI MA An’Nur tangkit Jambi. Berdasarkah hasil penelitian ini maka penulis menyarankan kepada guru, terutama mata pelajaran ekonomi sebaiknya dalam melakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi jangan hanya berpatok dengan gaya menjelaskan, berceramah dan membaca buku, banyak cara yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan semangat siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ILHAM FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 04:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 04:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |