PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 14 BATANGHARI

INDAH PUTRI, SERLIA PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 14 BATANGHARI. JURNAL PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 14 BATANGHARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Serlia Indah. 2019. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Gallery Walk (GW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP N 14 Batanghari : Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., M.Si. (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Two Stay Two Stray (TSTS), Gallery Walk (GW) Masih banyak ditemukan guru yang mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau pembelajaran masih bersifat satu arah dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi Sehingga tidak melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelaran yang berdampak pada kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Gallery Walk (GW) merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif yang bersifat kelompok yang dapat membeuat peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Gallery Walk (GW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP N 14 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Batanghari yang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar Tes Soal yang terdiri dari soal Pretest dan Posttest.Adapun teknik analisis data diperoleh dari hasil uji normalitas, uji homogenitas, N-gain dan uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Gallery Walk (GW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP N 14 Batanghari. Dimana kedua model pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Batanghari pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan kriteria N-gain Sedang. Dapat dilihat dari hasil perolehan rata-rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada hasil perolehan rata-rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen II dengan perhitungan uji statistik hasil belajar siswa diperoleh thitung < ttabel . Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran Gallery Walk (GW) sama-sama mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 14 Batanghari pada matapelajaran IPS Terpadu.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SERLIA INDAH PUTRI
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:21
Last Modified: 03 Oct 2019 04:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9418

Actions (login required)

View Item View Item