MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MELAKUKAN PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 14/I SUNGAI BAUNG

MUKTI MUSTAPA, AMRI (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MELAKUKAN PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 14/I SUNGAI BAUNG. JURNAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MELAKUKAN PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 14/I SUNGAI BAUNG.

[img] Text
COVER.docx

Download (52kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (339kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Mukti Mustapa, Amri : “Meningkatkan Keterampilan Siswa Melakukan Pengamatan Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SD Negeri 14/I Sungai Baung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd (2) Issaura Serly Pamela, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keterampilan Pengamatan, IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan pengamatan peserta didik pada pembelajaran IPA di SD Negeri 14/I Sungai Baung. Peserta didik terbiasa hanya duduk diam mendengarkan guru menjelaskan tentang materi pembelajaran tanpa ingin bertanya mengenai hal yang masih belum di mengerti. Hal ini terjadi karena metode yang berikan oleh guru kurang tepat dan bervariasi sehingga suasana pembelajaran sering membuat peserta didik merasa jenuh. Peneliti berupaya melakukan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran IPA, yaitu melalui metode eksperimen. Dengan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pengamatan pada diri peserta didik. Oleh karena itu peneliti akan mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan pengamatan peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus dan setiap pelaksanaannya menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 14/I Sungai Baung yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila sesudah tindakan > 80% peserta didik atau minimal 15 orang memperoleh skor keterampilan pengamatan minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keterampilan pengamatan peserta didik masih rendah yaitu sebesar 78%. Akan tetapi pertemuan selanjutnya terjadi peningkatan yang segnifikan yaitu pada siklus siklus II rata-rata keterampilan pengamatan peserta didik meningkat menjadi 93%. Hal ini menunjukkan dari siklus I-II rata-rata keterampilan pengamatan peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan pengamatan peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMRI MUKTI MUSTAPA
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:41
Last Modified: 08 Oct 2019 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9433

Actions (login required)

View Item View Item