PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI SUNGAI RENGAS

PRATIWI, MARISA (2019) PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI SUNGAI RENGAS. JURNAL PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI SUNGAI RENGAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (44kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi. Marisa. 2019. “Pengaruh Bermain Lego terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-anak Negeri Sungai Rengas”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi, Psi. Kata Kunci: Bermain Lego, Kecerdasan Visual Spasial Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di TK Negeri Sungai Rengas , kecerdasan visual spasial anak belum berkembang dengan baik hal ini di buktikan dengan masih banyak anak yang masih belum bisa menggambar objek yang ada disekitarnya, dan apa bila ditanya anak masih bingung dalam menjelaskan dan menyebutkan warna yang sesuai dengan yang pernah dilihatnya. Karena itu anak akan mendapat kesulitan saat menerima pembelajaran, permainan yang monoton juga dapat membuat anak menjadi jenuh dan bosan akibatnya anak menjadi lebih senang bermain gadgetnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh bermain legoterhadap kecerdasan visual spasial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain lego terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak negeri Sungai Rengas Kabupaten Batanghari. Kecerdasan visual spasial ialah kecerdasan yang berhubungan dengan ruang dan bentuk/ gambar.Artinya, kecerdasan ini menunjukkan kemampuan untuk memvasualisasikan gambar atau benda tertentu dalam pikiran seseorang. Lego merupakan alat permainan edukatif modern yang terbuat dari bahan plastik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak NegeriSungai Rengas Kabupaten Batanghari sebanyak 62 orang, sampel dalam penelitian ini 30 anak dengan teknik pengambilan sampel mengunakan teknik random sampeling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0,1469 yang < dari L tabel 0.220. Untuk data post test kelompok eksperimen di dapat L hitung 0.1245 yang < L tabel 0.220. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal, uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 6.0545 > 1,7011 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 28 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,7011. Berdasarkan hasil perhitungan di atas menunjukkan bahwa pengaruh bermain lego terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6- tahun di Taman Kanak- Kanak Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batanghari > 1 yaitu 2.21 dengan criteria interprestasi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Bermain Lego terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batanghari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MARISA PRATIWI
Date Deposited: 09 Oct 2019 04:09
Last Modified: 09 Oct 2019 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item