PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI

ANGGI TRINANDA, MEIZA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (46kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Trinanda, Meiza Anggi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan kelompok B di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Dr. K.A Rahman, M.Pd.I. Kata Kunci: media flash card, kemampuan berhitung permulaan Hasil pengamatan awal peneliti di TK Negeri Pembina I Kota Jambi pada kelompok B4 terdapat 12 dari 15 anak yang kemampuan berhitung permulaannya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya kemampuan berhitung permulaan anak ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, dimana anak terlihat tidak banyak yang menjawab pertanyaan dari guru, tampak anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, bahkan masih ada yang sering bermain dengan temannya serta guru masih belum menggunakan media flash card dalam kegiatan berhitung permulaan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media flash card terhadap pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Melalui kegiatan eksperimen ini anak-anak dapat mengembangkan kemampuannya dalam berhitung permulaan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design, dimana dalam design ini peneliti melakukan pengukuran sebanyak dua kali yakni sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak pada kelompok B4 di TK Negeri Pembina I Kota Jambi yang berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh penggunaan media flash card terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan pada kelompok B di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan dari uji Wilcoxon Match Pairs test yang telah membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96 sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,409 ternyata Zhitung > Ztabel. Selanjutnya besar pengaruhnya yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 1,29 yang berarti Strong effect (kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa media flash card berpengaruh kuat terhadap pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di TK Negeri Pembina I Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meiza Anggi Trinanda
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:16
Last Modified: 10 Oct 2019 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item