HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN BALOK DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI

RAHMAWATI, RINA (2019) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN BALOK DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN BALOK DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (55kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Rina. 2019. Hubungan Antara Kegiatan Bermain Balok Dengan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Kasmiati, M.Pd dan pembimbing (II) Drs. Irwan, M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan Bermain Balok, Kemandirian Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kegiatan bermain balok dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Kegiatan bermain balok merupakan dimana anak bebas mengerluarkan dan menggunakan imajinasi untuk membuat sesuatu dari balok dan dapat membuat sesuatu dengan kreatif. Bemain balok dapat mengembangkan seluruh perkembangan yang terdapat pada anak seperti kemandirian. Kemandirian adalah dimana anak mampu dan percaya diri pada dirinya sendiri dan dapat menentukan pilihannya sendriri tanpa meminta bantuan orang lain. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, karena penilitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain berdasarkan koefisien korelasi. Metode ini disebut metode kuantitatif karena penelitian berupa angka-angka dan di analisis menggunakan statistik. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data terhadap kegiatan bermain balok didapatkan rata-rata nilai 39,86 dan rata-rata nilai kemandirian 68,66. Tahap awal yang dilakukan sebelum melakukan uji hipotesis adalah melakukan uji normalitas terhadap hasil data awal, maka di peroleh nilai pada kegiatan bermain balok Lhitung (0.09317) < Ltabel (0.10299) serta untuk data kemandirian Lhitung (0.09170) < Ltabel (0.10299). Dengan hasil Lhitung dan Ltabel maka data dari kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Pada tahap akhir uji linearitas antara kegiatan bermain balok dengan kemandirian Fo =-4.1250 dan Ft = 2.2259, dengan begitu dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kegiatan bermain balok dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. Hal ini di buktikan dengan nilai rhitung = 0,5049 pada kriteria penafsiran korelasi 0,5049 termasuk kedalam kategori sedang.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINA RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:17
Last Modified: 10 Oct 2019 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9470

Actions (login required)

View Item View Item