PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SHEKINAH KOTA JAMBI

Sarito, Mulariyah (2019) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SHEKINAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SHEKINAH KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Sarito, Mulariyah. 2019. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Shekinah Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: Metode bernyanyi, mengenal konsep bilangan Hasil pengamatan awal peneliti di PAUD Shekinah Kota Jambi pada usia 4-5 tahun terdapat 13 dari 20 anak yang kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangannya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembang kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, anak masih rendah dalam menyebutkan bilangan 1-10, masih belum berurutan menunjuk urutan bilangan 1-10 dan membuat urutan bilangan 1-10 belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shekinah Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Shekinah Kota Jambi. Melalui bernyanyi anak-anak dapat mengenal konsep bilangan yang belum mereka temui. Pengenalan konsep bilangan merupakan bagian dari matematika untuk dapat memahami dan mengerti konsep bilangan 1-10. Melalui Metode bernyanyi digunakan sebagai cara dalam mengenalkan konsep bilangan 1-10. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini anak PAUD Shekinah Kota Jambi Kelompok A dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun PAUD Shekinah Kota Jambi yang berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Alat penilaian dalam penelitian ini dengan melakukan Pretest dan Posttest, peneliti melakukan Pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, peneliti memberikan perlakuan sebanyak 4 kali setelah dilakukannya Pretest kemudian peneliti melakukan Posttest untuk melihat pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Shekinah Kota Jambi. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,919 ternyata Zhitung> Ztabel. Selanjutnya besar pengaruh yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen’s sebesar 1,38 yang berarti Strong Effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa metode bernyanyi berpengaruh kuat terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Shekinah Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MULARIYAH SARITO
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:49
Last Modified: 10 Oct 2019 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item View Item