SULASTRI ARUAN, MEGA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MASTER PADA MATERI PROTOZOA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP MENGGUNAKAN APLIKASI MIND MASTER PADA MATERI PROTOZOA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Aruan, Mega Sulastri. 2019.“Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Map Menggunakan Aplikasi Mind Master Pada Materi Protozoa Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si (II) Dr. Upik Yelianti., M.S Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Mind Map, Mind Master, Protozoa. Pengembangan bahan ajar sangat dibutuhkan karena mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami klasifikasi pada materi Protozoa. Selain itu, masih kurangnya ketersediaan buku yang mereka gunakan sehingga kurang bervariasi. Maka dari itu diperlukan pengembangan suatu media pembelajaran berupa Mind Map disertai dengan gambar yang menarik agar dikemudian hari Mind Map dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) adalah salah satu model desain pembelajaran yang sistematik. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 28 orang mahasiswa yang telah mengontrak mata kuliah Taksonomi Monera dan Protista. Ujicoba dilakukan pada kelompok kecil sebanyak 8 orang dan kelompok besar sebanyak 20 orang. Hasil validasi oleh ahli materi sebanyak 3 kali diperoleh persentase akhir 76,5% (sangat baik) dan validasi oleh ahli media sebanyak 2 kali diperoleh persentase akhir 93,7% (sangat baik). Hasil ujicoba kelompok kecil dengan persentase 88,6% (sangat baik) dan ujicoba kelompok besar dengan persentase 88,2% (sangat baik). Hasil persepsi kepada dosen mata kuliah yaitu 76,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk bahwa produk Bahan Ajar Berbasis Mind Map Menggunakan Aplikasi Mind Master pada Materi Protozoa untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa dalam mempelajari materi Protozoa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | Mega Sulastri Aruan |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |