PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KINGDOM PROTISTA DI KELAS X MIPA SMAN 10 KOTA JAMBI

PERMATASARI, YENI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KINGDOM PROTISTA DI KELAS X MIPA SMAN 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KINGDOM PROTISTA DI KELAS X MIPA SMAN 10 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Permatasari, Yeni. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista di Kelas X MIPA SMAN 10 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si (II) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si Kata Kunci : model pembelajaran, Quantum Teaching, dan hasil belajar. Dunia pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk memajukan pendidikan, diperlukan tenaga pendidik yang mampu mendukung proses pembelajaran aktif, inovatif, dan kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Banyak peserta didik yang menganggap bahwa biologi merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan peserta didik yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena hal itu, tenaga pendidik harus mampu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga tercipta pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi kingdom protista yakni pada sub bab Protozoa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Kota Jambi, tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah True eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis saintifik sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang ada di SMAN 10 Kota Jambi. Pengambilan data untuk aspek kognitif menggunakan instrumen berupa tes, aspek afektif menggunakan angket melalui tehnik penilaian diri dan teman sejawat, dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil tes yang diperoleh kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung hasil belajar kognitif adalah 2,98 dan ttabel diperoleh 1,67. Untuk aspek afektif diperoleh thitung adalah 3,47 dan ttabel adalah 1,67. Untuk aspek psikomotor diperoleh thitung adalah 1,80 dan ttabel adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: YENI PERMATASARI
Date Deposited: 10 Oct 2019 08:42
Last Modified: 10 Oct 2019 08:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9478

Actions (login required)

View Item View Item